SHINING SHINee

MySpace Layouts

PENCIPTA DETECTIVE CONAN

Minggu, 19 September 2010


Bagi para penggemar serial DETECTIVE CONAN pasti dah pada tahu donk siapa pengarangnya, yah dia adalah:
GHOSHO AOYAMA lahir dengan nama YOSHIMASA AOYAMA pada tangal 21 juni 1963 di Hokuei, daerah administrasi tottari, jepang.
Nama Aoyama kini terkenal sebagai seniman manga tidak hanya di jepang, tapi hingga seluruh dunia.
Aoyama begitu terkenal karena telah manciptakan seri manga dan anime DETECTIVE CONAN. Di Amerika, Kanada dan Inggris dikenl dengan judul CASE CLOSED.
Selain itu karya Aoyama yangterkenal adalah seri anime anak-anak HAMTARO
.

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Aoyama memiliki bakat melukis sejak usia anak-anak. Ketika kelas 1 SD, ia melukis “YUKIAI WAR” dan memenangkan kompetisi. Likisannya kemidian di pajang di Tattori Daimaru Departement Store.
Setelah lilis dari SMU di Ikuei, dia meneruskan belajar di NIHON UNIVERSITY OF ART di Tokyo.
Pada misim dingin tahun 1996 Aoyama mencoba ikut konteks komiknkhusus mahasiswa baru. Dia pun memenagkan kontes tersebut hal iyu menjadi batu pijakan pertama bagi Aoyama dalam meniti karir sebagai seniman dan pencipta manga.

KARIER MANGA


Aoyama membuat debut sebagai seniman manga dengan mengerjakan CHOTTO MATTETE. Yang di publikasi di majalah mingguan Shonen Sunday pada musim dingin tahun 1987. Tak lama setelah itu karya lainnya yang berjudul MAGIC KAITO di publikasi oleh majalah yang sama.
Pada awal tahun 1990an. Fiksi lain karya Aoyama yang diberi judul YAIBA di luncurkan. Seri manga ini di ciptakan oleh Aoyama dalam 24 volume. Dia juga mempersiapkan manga secara berseri dalam format volume (tankobon) seperti THIRD BASEMAN NO4, GOSHO AOYAMA’S COLLECTION OF SHORT STORIES, & DETECTIVE CONAN

PENGHARGAAN

Tahun 1992 memenangkan penghargaan shogakukan manga awards untuk shonen dan yaiba.
Tahun 2001 untuk karyanya DETECTIVE CONAN.
Sebagai wujud penghargaan atas kontribusi Aoyama sebagai seniman yang namanya harum sampai keseluruh dunia,tempat asal Aoyama, Hokuei mendapat bantuan proyek revitalisasi kota (machi Okoshi). Proyek pertama adalah pembangunan JEMBATAN CONAN yang melintasi sungai Yura dan juga pembuatan patung CONAN di kota tersebut.dan nama proyek ini menuju padasosok CONAN EDOGAWA yang menjadi tokoh dalam seri DETECTIVE CONAN.
Pada tanggal 18 maret 2007, sebuah musium yang menjadi penegasan keberadaan Aoyama sebagai seniman manga, GOSHO AOYAMA MANGA FACTORY, telah di buka di kota yang sama.

KEHIDUPAN PRIBADI


Pada tanggal 5 mei 2005, Aoyamma menikah dengan MINAMI TAKAYAMA seorang penyanyi dan aktris pengisi suara yang menyumbang suaranya sebagai Conan dalam anime adaptasi DETCTIVE CONAN versi Jepang asli. Namun pernikahannya tidak berjalan langgeng. Keduanya memutuskan untuk bercerai pada tanggal 10 desember 2007.

KARYA MANGA

Wait a Minute (Chotto Mattete) (1987)
Ini merupakan manga kaarya pertama Aoyama. Di publikasi dalam shonen Sunday. Isinyabercerita tentang seorang anak laki-laki yang memiliki otak geniusbernama YUTAKA TAKAI, yang suka bermain dengam mesin waktu.

YAIBA (1988-1993)
Manga ini di luncurkan dalam 24 volume berseri, yang menceritakan seorang samurai muda bernama YAIBA KUROGANE. Kemudian seri manga ini di adaptasi menjadi seri anime sebanyak 51 episode.

3RD BASE 4TH (YONBAN SADO) (1993)
Manga ini dalam 1 volume yang menceritakan seorang anak laki-laki bernama SHIGEO NAGASHIMA. Pemain baseball yang memiliki kemampuan lumayan pada sebuah SMU. Suatu hari, dia membeli alat pemukul ajaib dari sebuah toko alat-alat olahraga yang secara mengejutkan mampu membuat dirinya hebat dalam memukul bola. Namun anehnya ia harus membayar kepada toko misterius untuk setiap pukulan.

MAGIC KAITO (MAJIKKI KAITO) (1988-2007)
Manga ini terdiri dari 4 volume berseri yang mengisahkan tokoh komik bernama KAITOU KID, seorang pencuri gentle yang sering menggunakan keahlian sulap dan penyamaran dalam setiap pencurian yang ia lakukan.
Tiga volume pertama manga ini dilepas pada periode tahun 1988-1994. Sementara volume yang ke4 di luncurkan pada tahun 2007. Meskipun manga ini tertahan namun tokoh kaitou kid tetap tampil dalam DETECTIVE COAN.
DETECTIVE CONAN / CASE CLOSED (MEITANTEI KONAN) (1994-SEKARANG)
Manga ini bercerita tentang seorang detective muda yang genius dari sebuah SMU yang bernama SHINICHI KUDO. Suatu hari tubuhnya mengcil seukuran anak-anak berusia 6-7 tahun setelah di paksa minum racun oleh organisasi hitam yang jahat. Sembari mencari keberadaan organisasi jahat itu dan memburu para anggotanya ia tinggal di rumah teman permpuannya yaitu ran mouri anak seorang detective suwasta dan conan menjadi detective dibalik layar.
Meskipun tubuhnya mengecil Shinichi mampu menyelesaikan masalah-masalah kriminal sulit yang ia hadapi.
Manga ini merupakan karya Aoyama yang paling laku dan palik terkenal seantero DUNIA.

TELL ME A LIE (WATASHI NI USO WO TSUTE) (2007)
Iani adalah one-shot manga yang menceritakan seorang gadis bernama TERUMI ARAI. Kehebatan gadis ini adalh ia mampu membac pikiran oranglain saat menatap mata orang tersebut.

BEBERAPA KARYA PENDEK YANG DICIPTAKAN GOSHO AOYAMA:

1.Play it again
2.Excalibur
3.Santa Clause inthe summer (Natsu no Santa Clause)
4.Detective George’s Job (Detective George’s little little & great operations)
5.Shonen Sunday 19 (talk show) “The Wandering Red Butterfly”



Nah inilah sekilas tentang Gosho Aoyama kalau ada kekurangan saya minta maaf.

4 komentar:

Vista Rossita mengatakan...

saya mo nanya,sebenernya aoyama gosho tu udah maati blm??
soanya dr sebagian sumber yg saya baca,katanya dia udah mati dan sekarang dilanjutin sama asistennya.
yg bener yg mana??
makasiii...

by: conan lover's

Lu'luil maghfuuroh mengatakan...

ok buat Vista Rossita..... kalo itu saya kurang tahu ya..... (adanya tempe)
kayak nya sih masi hidup....
yah moga aja beliau masih hidup biar terus berkarya di dunia anime....

Vista Rossita mengatakan...

ammmmiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnn.........
.
ntar klo udah mati biar aq aja yg lanjutin.....hehehe..:P

Lu'luil maghfuuroh mengatakan...

wahahahay... maunya...
lok nggambar yang bagus lho....

Posting Komentar